Naja Al-Mahdawi

Biografi Kaligrafer Islam Kontemporer Naja Al- Mahdawi

Lahir pada tahun 1937, Tunis. Dia tinggal dan bekerja di Tunisia. Pada tahun 1967, ia lulus dari Akademi Seni Santa Andrea di Roma dan Ecole du Louvre(Departemen Barang Antik Oriental). Ia melanjutkan pendidikan akademisnya di Paris, di Cite Internationale des Arts, dengan beasiswa dari Pemerintah Tunisia.

Dia adalah salah satu seniman terkemuka Tunisia dan seniman kontemporer Arab terkemuka.

Nja Mahdaoui adalah seniman visual yang menganggap dirinya sebagai ‘penjelajah tanda’ dan telah dideskripsikan sebagai seorang ‘Koreografer huruf’.

               Karyanya yang terinspirasi oleh kaligrafi Arab sangat inovatif karena dimensi estetika huruf memunculkan rasa puitis – sangat ritmis – yang memikat kita dengan komposisi abstraknya yang kaya. Terkenal karena karyanya yang teliti dalam tinta di perkamen, Mahdaoui menekankan dampak visual dari komposisinya, tanpa makna tekstual yang sebenarnya, yang ia sebut sebagai ‘kaligram’ atau ‘grafem’.

Dengan demikian, konsep di luar karya mengungkapkan bagaimana ide-ide disampaikan secara kreatif melalui bahan dan media pilihan seniman: kanvas, vellum, papirus, kertas lengkung, cetak silkscreen, buku, poster, desain, patung, aluminium, kuningan, melamin, drum , tekstil, sulaman, permadani, keramik, kayu, perhiasan, kaca baja patri, arsitektur, pesawat.

Nja telah menjadi anggota Juri dan tamu kehormatan di banyak acara dan biennale internasional (Sharjah International Arabic Calligraphy Biennial, UEA, 2006, The International Arts Biennial of Teheran, Iran, 2006, Abu Dhabi Art Festival pada tahun 1989) dan dia adalah anggota dari International Jury of the Arts Prize dari UNESCO dari 1993 hingga 1995.

Ia telah menerima sejumlah penghargaan dan penghargaan internasional, seperti ‘Hadiah besar untuk Seni dan Sastra’ dari Kementerian Kebudayaan Tunisia pada tahun 2006 dan hadiah besar UNESCO untuk Seni Kerajinan di dunia Arab pada tahun 2005.

Dia merancang karya seni monumental seperti patung dan permadani di bandara Jeddah dan Riyadh, kantor pusat Aramco di Dahran, Masjid Kampus Universitas KAUST di Arab Saudi, pesawat Gulf Air (Hari Jadi ke-50) dan menciptakan banyak logo, desain dan poster untuk drama teater, buku, perusahaan, dan organisasi seperti Amnesty International pada tahun 1991.

Selain itu, ia ikut serta dalam Art Projects, memperkenalkan karyanya dalam seni pertunjukan dalam kerangka teater dan tari. Pertunjukan ‘Seni Total’ dan ‘Tulisan Tubuh’: komunikasi interaktif antara seniman Arab dan Eropa, dan seniman dari Amerika Utara dan Asia dengan tema “Bahasa dan mendaftar dalam pertukaran seni visual” di Tunisia, Prancis, Italia, Denmark, Jepang, Kuba, Kanada, Jerman, dan Yordania.

Pada tahun 2012, ia telah melakukan kreasi live amal untuk Noor Dubai Foundation, bekerja sama dengan 4 seniman muda Emirat, dipandu dan diorganisir oleh Christie’s, di bawah naungan H.E. Menteri Kebudayaan UEA, Abdulrahman Al Owais.

Dan baru-baru ini, penampilan bersama seniman Italia Agostino Ferrari, ‘Meeting sign’ di Living Art National Center di Tunisia dan selama ‘Confini Festival’ di Municipal Theatre F. Cilea di Reggio Calabria, Italia.

Dia mengambil bagian secara teratur dalam seminar dan kolokium di universitas-universitas di Tunisia dan luar negeri dan memberikan ceramah. Di American University of Sharjah pada 2007, di AUD American University of Dubai pada 2011 – ‘Crossing the Line: Drawing in the Middle East – persimpangan praktik dan pemahaman transdisipliner’, dan belakangan ini di CSUN California State University Northridge dan di Universitas UCLA dari California, Los Angeles pada tahun 2011.

Nja berpartisipasi dalam berbagai pameran di seluruh dunia termasuk ‘Word into Art’ di British Museum, ‘The Brush dances & the Ink Signs‘ di Hermitage Museum, ‘Perspectives: Arab & Iranian modern master’ di Saatchi Gallery, ‘Arab Book Art ‘di’ Perpustakaan Nasional Prancis ‘di Paris, hanya untuk menyebutkan beberapa.

Karya-karyanya telah dipamerkan secara luas di seluruh dunia di GCC, Asia, Amerika, Afrika, dan Eropa. Mereka telah dipresentasikan dalam pameran seni internasional: Seni Abu Dhabi, Seni Dubai, Seni Paris, Pameran Seni Marrakech, Kunst, Pameran Seni Zoom, Art Asia Miami, Art Stage Singapour, India Art Summit, Scope Basel, Istambul Kontemporer.

Mereka dapat ditemukan di banyak koleksi pribadi dan publik seperti British Museum di London, Smithsonian Museum di Washington DC, Mathaf – Arab Museum of Modern Art di Doha, Institut du Monde Arabe (IMA) di Paris, National Gallery of Kuala Lumpur.

            Salah satu corak Kaligrafi Islam Kontemporer adalah Kaligrafi Abstrak. Menurut Sirojuddin AR  (2016: 161), tokoh kaligrafi yang sangat aktif melakukan uji coba dengan tipe ini adalah Naja Al-Mahdawi dari Tunisia. Naja Al-Mahdawi, yang setiap hari melakukan uji coba huruf selama lebih dari tiga belas jam secara tekun. Hal ini menjadi spirit bagi kaligrafer lainnya dan menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan Kaligrafi Islam Kontemporer. Di antara ungkapannya yang terkenal menyatakan:

Huruf bagi saya adalah materi hidup yang darinya saya olah apa saja, sekehendak saya”.

Judul: Spirit Al Mahdawi
Karya: Abd. Aziz Ahmad, Makassar 22 Maret 2021
Ukuran: 21x 29.7 cm. Media: Tinta Cina di atas kertas.

Sumber: http://www.nja-mahdaoui.com/biography/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *